Monday, July 27, 2009

Monday, July 20, 2009

Air Crash Investigation

Gw mo bagi2 cerita nih
jadi gini
waktu ntu gw nonton acara air crash investigation di salah satu stasiun tv
dan kebetulan waktu itu lagi ngebahas tentang pesawat A**m Air yang jatuh di perairan Majene itu
kan sempet hot tuh berita tentang jatuhnya pesawat ini karena tiba2 ilang dari radar
sampe2 ada yang bilang klo di perairan Majene ada segitiga bermuda (eleuh2 bilang ajah mau nyari gampang)

soo...Kronologisnya tuh begini

jadi si pesawat berangkat dari bandara dengan kondisi pesawat yang (katanya) oke2 ajah
nah waktu setengah perjalanan, pesawat mengalami kerusakan navigasi
pilot jadi gak tau deh mereka ada di mana
nah petugas menara bandara yang ngeliatin pesawat melalui radar menyadari kalo pesawat itu mengarah ke daerah yang lagi ada badai kencang
makanya petugas ngasih tau ke pilotnya klo mereka keluar dari lajur dan mengarah ke badai

nah sepertinya pilot dan co-pilotnya sama2 panik...smuanya jadi konsen ama sistem navigasi yang rusak
yang gw liat di reka ulangnya...mereka berdua pada sibuk buka2 buku manual
sementara pesawat masih dikendaliin ama auto pilot
sementara itu penumpang udah mulai ngerasa gak beres karena pesawat makin lama makn miring ke kanan
nah gw gak ngerti gimana tapi si pilot dan co-pilot gak ada yang nyadar gitu kalo pesawatnya miring

nah gak lama kemudian karena sistem navigasi yang rusak
dan pilot gak bisa ngeliat apa2 dari kaca pesawat (karena awan tebal) dan mereka masih gak tau pesawat ada di mana
auto-pilotnya MATI
dan itu artinya ini saatnya pilot untuk "nyupir" pesawat tsb (manual)
nah si co-pilot itu menekan suatu tombol dan sayangnya...kayaknya mereka lupa sesuatu
klo tombol itu boleh diteken klo pesawat dalam kondisi stabil
sedangkan kondisi pesawat saat itu miring ke arah kanan

yah jadilah ketika pilot mencoba mengangkat hidung pesawat yang mulai menukik ke bawah,
pesawat ntu malah jatuh bebas dengan kecepatan tinggi ke perairan Majene
saat itu juga pesawat hilang dari radar petugas menara

waktu ntu kita sempet gak tau di mana pesawat A**m air ini jatuh
makanya dilakukan penyisiran di daratan dan perairan di sekitar wilayah hilangnya pesawat tsb dari radar
sampai suatu saat ada seorang nelayan yang menemukan pecahan pesawat
setelah diperiksa kode dari pesawat tersebut dapat dipastikan bahwa pecahan tersebut berasal dari pesawat A**m air yang jatuh
nah barulah diyakini bahwa pesawat A**m air jatuh di perairan Majene

untuk melakukan pencarian bangkai pesawat pun ternyata gak semudah memancing ikan (ini juga gak mudah yah hehehehhe) apalagi pesawat ini jatuh di perairan Majene yang dalemnya jauh lebih dalem daripada perairan2 yang pernah kejatuhan pesawat (alah bahasa gw)
yah pokoknya repot lah
biayanya besar banget. sementara pemerintah gak mau tuh ambil pusing dan menyatakan bahwa ini sepenuhnya adalah tanggung jawab pihak A**m air

Setelah diskusi panjang dan alot...
hampir 5-6 bulan (lama bener yah..kebanyakan diskusi nih) kemudian barulah dilakukan pencarian black box pesawat di bawah laut yang dibiayai oleh pihak A**m air
Pencarian ini dibantu oleh pihak Amerika yang sudah ahli dalam menangani kejadian jatuhnya pesawat (lupa namanya)

Nah dilakukanlah pencarian bangkai pesawat A**m air tsb
dan memang benar ditemukan bangkai pesawatnya di dalam perairan Majene
si orang Amerika mpe bilang... "Wow ini kecelakaan yang parah banget...gw gak pernah liat pesawat sehancur gini sebelumnya"
dan ini membuktikan bahwa memang pesawat jatuh dengan kecepatan tinggi sehingga akhirnya pecah berkeping2

Dasar emang lagi hoki ato emang matanya jelih
di tengah2 puing2 pesawat yang acak kadut itu
si black box (yang item banget ampe gw susah ngeliatnya) berhasil ditangkap oleh kamera robot kapal selam milik tim investigasi.
Akhirnya berhasillah si black box ditemukan
ada harapan bagi tim investigasi bahwa mereka dapat mengetahui penyebab jatuhnya pesawat
walaupun agak kecil karena black box tersebut sudah terendam air laut cukup lama
sehingga ditakutkan data dalam black box rusak

Namun berkat keahlian tim investigasi, mereka dapat menyelamatkan data yang ada di dalam black box... berdasarkan rekaman suara pilot dan co-pilot
dapat dipastikan mereka memang mengalami kerusakan sistem navigasi,
ditambah ada beberapa layar yang mati, dan kepanikan pun terjadi di dalam kokpit

Tim investigasi kemudian mengetahui bahwa kerusakan sistem navigasi ini sudah dituliskan berkali2 di dalam laporan kondisi pesawat A**m air tersebut, tapi ternyata tidak juga ditanggapi apalagi dibenerin.
Dan banyak juga kejadian pesawat A**m air yang mengalami gangguan terbang akibat kerusakan sistem navigasi
Jadi, ada kesalahan dari pihak maskapai A**m air yang lalai dalam perawatan pesawat (apalagi pesawat tua semua)

Tapi menurut tim investigasi kerusakan sistem navigasi ini bukan satu2nya penyebab jatuhnya pesawat
ada juga faktor lain yakni faktor alam yaitu badai dan juga faktor yang tak kalah penting yakni HUMAN ERROR
yah human error... sepertinya yang udah gw ceritain di atas kalo si co-pilot menekan suatu tombol (yg gw lupa namanya) di saat yang salah (padahal katanya ini adalah ilmu dasar yang wajib diketahui oleh semua pilot dan co-pilot dan petunjuk mengenai hal ini pun sudah tercantum di dalam buku manual)
dan ditambah lagi si pilot terlalu bergantung pada auto-pilot...
padahal sistem navigasi rusak sehingga auto pilot yang memang udah di program untuk mengarahkan pesawat ke koordinat tempat tujuan ini sudah tidak tepat digunakan.
Sebelumnya kan auto-pilot yang mengatur aileron (yang kayak lempengan di sayap pesawat yang bisa buka tutup buat ngatur kemiringan pesawat) , nah ketika auto-pilot tiba2 mati, si pilot ini blum mengatur aileron tersebut sehingga pesawat smakin miring ke kanan, kemudian ditambah co-pilot neken tombol di waktu yang salah, ditambah lagi pilot tidak mampu menguasai pesawatnya, akhirnya pesawat tidak bisa dikendalikan kemudian menukik dan nyemplung deh ke aer.

Setelah ditelusuri, berdasarkan hasil wawancara tim investigasi dengan pilot2 yang bekerja di maskapai A**m air, diperoleh hasil yang mencengangkan bahwa mereka tidak pernah mendapatkan pelatihan2 tambahan dari pihak maskapai dan mereka tidak pernah dilatih tentang apa yang seharusnya mereka lakukan apabila Auto-pilot tidak berfungsi ( Aduh, ini pilot2 ibarat supir yang punya SIM tapi kagk bisa nyetir mobilnya sndiri). Pihak maskapai mungkin berpikir untuk menghemat biaya dengan tidak mengadakan pelatihan2 tambahan yang sebenrnya penting.

Ckkckk biar irit yah bo...dan sesuai dengan slogan "FLY IS CHEAP"
Waduh..... klo kejadiannya begini mah kagak bisa dibilang murah lagi. Soalnya, sekali terbang bayarnya pake nyawa

Yah dan untungnya gak butuh lama2 lagi bagi pemerintah untuk mencabut ijin operasi maskapai A**m air

hadir kembali!

ya gw hadir kembali (bisa dibilang gitu gak yah?)

dulunya gw juga punya blog tapi bodohnya gw lupa account gw
karena gw masih terlalu asyik ama game2 lain
dan gw jauh dari komputer

tapi sekarang gw rasa ini saat yang tepat buat gw untuk akhirnya punya blog lagi
dan kali ini gw janji gw bakalan rutin ngisi blog ini!

bagi2 pengalaman menarik
smoga bisa diterima di komunitas blogger
salam kenal yah!