Thursday, December 2, 2010

Review: Album The Sun - Leonardo Ringo

H-1 OSCE dan gw bingung mau ngapain pada jam-jam segini

tiba-tiba timbul kembali ide dan niat yang dulu pernah ada, yaitu me-review salah satu koleksi cd gw... jatuhlah pilihan gw ke album milik kak Leo yang berjudul The Sun. Kak Leo ini adalah salah satu personil ZATPP, dia loh yang nyiptain lagu MIGHTY LOVE (yang yuhu abis).

oke jangan berharap di review-an ini akan muncul kata-kata bak komentator musik handal... gw hanya penikmat musik ecek-ecek yang bahkan sulit menentukan genre suatu musik.
yang bisa gw bedakan adalah ini musik bagus atau tidak, dari situ gw bisa menentukan gw suka atau tidak.

Melihat cover depannya pertama kali di toko cd, gw pikir ini adalah album seorang pemain trumpet. hahaha. Bagian paling menyenangkan...tanda tangan di atas cd


Pertama kali dengerin album ini, telinga langsung dibesut dengan single Insecure
Jujur gw belum pernah mendengar musisi Indonesia membawakan musik seperti ini
Dan serunya selama mendengarkan satu album ini tidak ada nada yang familiar, mirip seperti band ini lah band itu lah, tidak pernah keluar kata-kata, "Rasanya kok gw pernah denger yah".
(tapi ini menurut gw loh yah, klo ternyata udah ada yang pernah denger ya berarti pengetahuan musik gw memang cetek, seperti yang sudah gw bilang di awal)
Berarti kak Leo berhasil menciptakan sesuatu yang baru, segar, tiada lawan (haha)

Album ini sendiri terdiri dari 12 lagu:

1. Insecure
sepertinya bercerita tentang seseorang yang gundah, takut ditinggal cinta mungkin
sebab di awal kata2nya "Yesterday you were here with me..but today you are gone my dear..." yah hanya menebak saja. Lagu ini diawali oleh intro yang menurut gw gak tanggung-tanggung..langsung geber dengan nada-nada ear catching. Kemudian dihaluskan ketika masuk vokal. Lagu pertama ini mungkin yang paling kedengaran suara trumpetnya yah. Video klipnya bisa diliat di sini nih.

2. Wondrous Sky
wah lagu ini punya intro yang oke menurut gw...menenangkan.
Lirik lagu yang simple Wondrous sky..blablabla...wondrous sky blabla..seperti itu...chord pun sama dari awal hingga akhir, kecuali di reffnya, yang menurut gw lagi adalah bagian paling enak di lagu ini, dan paling oke liriknya untuk dinyanyikan. Begini isinya "If you feel so curious, just let it go. If you feel obnoxious, don't let me go. If you feel uncertain, don't you worry..don't you worry"

3. Lights over Me
oke sebenernya pertama kali denger album ini gw agak bingung. kok suaranya Leo beda2 di setiap lagu..bener deh...(gak tau apa mungkin gwnya yang slah denger), tapi sepertinya di setiap lagu dia punya karakter vokal beda....di sini contohnya...di 2 lagu awal mungkin terdengar suara Leo yang bass sekali..tapi di sini gak

4. A Sad Man Belong in Corners
lagu ini cuma diiringi dengan gonjrengan gitar dan siulan Leo. menurut gw cukup. Lebih dari cukup. soalnya nih lagu ditunjang ma lirik yang oke. curhatan seorang lelaki..mungkin kebanyakan lelaki...seperti di bagian ini, "Look at them in their fancy clothes and some
headbands too. All I wear are these rugged jeans and some stinking Converse shoes".

5. Happy Suffering Song
Lagu favorit gw! sing along. membangkitkan semangat ketika menyetir. Geplakan perkusi di awal sangat bagus menurut gw (ini soal selera). Lirik yang sangat mudah. Dengarkan langsung segera (mending beli Cd-nya, mp3 donlotan jelek suaranya)


6. Blatant
sepertinya ini calon single kedua. video klipnya bisa diliat di sini . disutradari sendiri oleh Leo. di lagu ini kita juga bisa denger suara mantan vokalisnya Amazing in Bed si bule Lani Leyli

7. Midnight Hooray
ini genrenya apa yah? ya pokoknya gitu lah. udah dibilang gw gak ngerti genre2an. Lagu yang upbeat. bisa dilihat dari judulnya bukan? "When the TV's are too proud..."

8. Tequila Lullaby
Alunan piano yang bagus...membuat gw pengen blajar piano lagi (tapi gak jadi deh)...gw main air piano ajah. "Guess I'm just too young to choose, I'm not quite enough for you"

9. Dawn
Gak begitu suka di bagian awalnya. tapi enak sekali di bagian "Life is short..multi million dollar question...you're asking me..."

10. Seconds to a Minute
sepertinya ada unsur rock-nya. iya gak sih?

11. The Sun
Paling suka di bagian cello-nya main...klo didengarkan baik-baik...seperti mengiris-ngiris (alah bahasa gw)

12. Something between My Room and Yours
salah satu lagu favorit gw juga. Dinyanyikan berdua oleh Leo dan Mian Meuthia. di sleeve Cd tidak disertakan liriknya, mungkin tujuannya adalah untuk melihat liriknya di website Leonardo
Lagu penutup yang bagus sekali untuk album The Sun ini.

Dalam album ini sendiri ada banyak nama2 musisi Indo seperti Kartika Jahja, Mian Tiara, Susan Agiwitanto, David Tarigan, Ricky Surya Virgana, Mian Meuthia, dll... Jadi gak heran album ini menawarkan beragam suara, lagu-lagu yang berbeda-beda, jadi tunggu apalagi? cari albumnya gih di toko CD


6 comments :

  1. leonardo ringo memang keren, favoritku banget nih.. thumbs up buat kamu yg udah nge-review

    ReplyDelete
  2. Tembang favorit saya di album The Sun: Midnight Horray, kalau secara genre lagu tsb bergenre Rockabilly, genre yang pernah besar di era 50's & 60's :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lucky Pratama
      I love that song too. Sebenernya sulit menentukan mana lagu favorit saya di album ini hahahaha. Sekarang pun gaya rambut pomade sudah menjamur.

      Delete
  3. Sebelum2ny juga sudah ada kok yang ngbawain rockabilly contoh band bali the hydrant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Saya pernah nonton The Hydrant, vokalisnya keren, setia membawa sisir lipatnya kemana-mana. Terima kasih untuk komentarnya @tama pedor

      Delete