Sunday, March 4, 2018

PTT SUMBA 101: MIE AYAM CAK YONO

Kembali ke kehidupan ptt di sumba (barat daya). Kali ini gw mau review sedikit soal makanan dimari ya. Jumlah warung makan gitu banyak sih, tapi menu yang dijual itu-itu aja. Soal rasa? Jangan dibandingin sama warteg Jakarta deh, jauh hahahahahaha.

Nah problematika utama soal lidah pecinaan macem gw ini, gak bisa gak makan bakmie/mie ayam. Kalau di rumah, mau pesen segala macam bakmie (non halal) tinggal telpon nomor om yang jualan, setengah jam kemudian terhidang bakmie dengan pesona kilauan minyak babi yang menggairahkan. Untuk dicatat, jangan pikir kita di ntt tiap hari bisa makan babi ya. Di sini gak ada pasar yang jualan daging babi kiloan, babi itu cuman dijual per ekor dan harganya mahal, dan keluarga hanya potong babi kalau acara besar. Jadi jangan ngarep juga di sini ada yang jual BAKmie.

Terus kalau ngidam makan mie-mie gitu mesti kemana dong di sbd? Tenang, di sini mie ayam banyak kok. Salah satu yang enak itu namanya MIE AYAM CAK YONO. Jangan kamu tertipu sama banner warungnya ya, karena tulisannya jualan soto hahahahaha. Mie ayam cak yono ini sifatnya halal ya, pake daging ayam kecap jahe gitu. Harganya 10.000 rupiah saja untuk satu porsi mie ayam, tapi ya gitu agak sedikit. Bisa request kasih ceker juga kalau doyan. Apa yang bikin gw senang makan di sini adalah konsistensi mienya yang kenyal, jadi teringat mie karet hehe.
Ini lokasinya sebelum di kiri jalan, sebelum lapangan galatama kalau dari rs karitas. Tapi kalau dari bandara sih dekat banget, brarti di sisi kanan, gak 5 menit naik motor juga nyampe. Tuh kan tulisannya soto ayam padahal gak jual soto.

Sambelnya juara sih. Pedes dan bikin nagih. Gak bikin mencret untungnya.

Ini dia penampakan mienya, gede kan diameternya. Porsinya gak sedikit itu kok, ini uda setengah jalan gw makan. Dagingnya lumayan banyak, tapi sayurnya cuman sedikit. Which is good ya? Hahhaha. Cekernya juga enak, lepas gitu dari tulangnya, gampang dimakan.

Jadi buat kamu-kamu yang bingung mau makan mie dimana di sbd, you should try mie ayam cak yono. Dijamin nagih.

0 comments :

Post a Comment