Sunday, August 17, 2014

Bebas Merdeka

Dirgahayu RI ke-69! Jum'at lalu kami ngadain lomba 17an di sekolah. Yah bocah-bocah ini pesertanya. Berbagai lomba macem mindahin bendera, makan kerupuk, mecahin balon, masang jepitan, kedengerannya simple yah. Tapi, coba taruhlah anak-anak di sana, yang ada adalah ketawa men ketawa! Super duper lucunya gak nahan. Lihat mereka antusias, kami yang gede-gede pun jadi ikutan semangat.
Sudah 69 tahun negara kita Indonesia ini merdeka. Apa saja yang sudah kau lakukan? Ingatkah kapan pertama kali kamu hapal menyanyikan lagu Indonesia Raya? Mungkin masih terngiang di telinga Anda, suara rekaman kaset yang diputar dengan radio besar jaman SD dulu. Kaset yang terkadang sudah agak-agak macet dan sumbang di tengah-tengahnya. Rasa bangga setiap kali menyanyikan lagu Indonesia Raya masih saya rasakan sampai sekarang. Lirik yang bagus, nada yang memang membangkitkan semangat, semuanya pas. Tapi, rasa bangga menjadi bagian dari negara besar inilah yang terpenting saat menyanyikan lagu tersebut. Anak-anak kecil ini memang belum hapal tuh lagu Indonesia Raya atau lagu-lagu kebangsaan lain. But you can see their happy faces while holding the flags and how they stepped their feet when Hari Merdeka song was played. Iya, anak-anak ini harus diajarkan rasa memiliki bangsa dan negara ini. Memiliki rasa ke-KITA-an. Bukankah kita selalu ingin menjaga apa yang kita miliki untuk selalu aman, baik kondisinya, dapat bertahan lama?
Bersiap-siap turun ke bawah untuk berlomba

Gak ikutan lomba, tapi ikutan memberi semangat :)
Ini kelas siang, cuman 8 anak sih, tapi........wus. Energinya selalu 110%. Makan dulu sebelum tanding!

Yes, hari itu semuanya senang, semuanya semangat. Ada juga yang takut waktu lomba pecahin balon. Ada juga yang semangat teriak-teriakin nama temannya. Mereka senang banget, dengan jelas bisa kita lihat dari raut wajah mereka. Ditambah lagi dengan satu pertanyaan: "Miss we are going home now? So fast" Padahal biasanya mah maunya pulang mulu. Aaaaah, menyenangkan sekali masih bisa merasakan kemerdekaan di negara kita. Bebas berekspresi. Bebas berpikir. Bebas berkarya. Damai dan jaya terus Indonesia kita!

0 comments :

Post a Comment