Sunday, October 12, 2014

Barang-Barang DIY

Hampir semua cewe kayaknya suka dengan hal-hal berbau DIY (bukan Daerah Istimewa Yogyakarta melainkan Do It Yourself). Terutama yang mudah murah dan jadinya indah hahahaha. Gak terkecuali gue. Gue juga suka kalau punya barang yang gak perlu beli dengan harga mahal. Walaupun bikinnya butuh perjuangan tapi pas jadi dan bisa dipakai, rasanya senang bukan main. Soo....silahkan lihat apa saja barang-barang DIY yang belum lama ini gue bikin. Baca selengkapnya :)


DIY Curtain
Yak, jadi gini ceritanya, saya pindahan ke kamar lain lalu jendela kamar gue ini gak ada dinding atasnya. Jadi sulit/gak bisa dipasangin gorden yang normal. Daripada nih ruangan bisa diintip terus menerus dari luar layaknya akuarium, gue berniat membuat sendiri penutup jendela. Jadi, bermodal dengan kain oren strip seharga18rb/meter, tempelan dinding untuk gantungan kabel, dan tali (bisa apa aja yang penting cukup kuat buat nahan kain) gue membuat penutup jendela (kalau-kalau belum layak disebut gorden).
Begini caranya:
- Kain yang ada dijahit sisi2nya biar gak ngebrudul. Lalu lipat, sesuaikan tinggi jendela, jahit sisain celah buat masukin tali. 
- Tempel gantungan kabel di masing-masing sisi jendela. Atur tingginya biar gak mencong gordennya entar.
- Ikat tali di salah satu penggantung kabel. masukin tali ke dalam kain yang sudah rapi dengan bantuan bolpen (lilit tali ke situ).
- Simpul tali sisakan sedikit untuk dikaitkan ke gantungan kabel sisi satunya (kendur atau kenceng tergantung selera)
Voila! Jadi deh penutup jendela, murah mudah tepat guna.

DIY Origami Butterflies
Ini salah satu origami yang mudah dibuat dan hasilnya bagus. Jauh lebih mudah dari bikin burung bangau. Berhubung waktu itu gue gak ada kertas origami, akhirnya gue pake kertas hvs warna warni yang tersisa di rumah. Buatnya lebih bagus kalau divariasikan ukurannya biar gak terlihat monoton. Tarang....jadi deh dinding biru yang sebelumnya kosong, sekarang lebih berwarna dengan adanya si kupu-kupu kertas.

DIY Origami Ribbon
Ini ide yang bagus buat menghias kado, menghias ruangan juga bisa, pohon natal, apapun itu lah. Secara sangat terlihat seperti pita cantik, padahal cuman kertas dilipet-lipet. Bisa pakai kertas apapun pula, kertas mengkilap sepertinya juga bagus atau kertas motif-motif apalagi warna merah.

DIY Wall Decor using Washi Tape
Susah nih nyari washi tape warna hitam. Ada yang tahu bisa dapat dimana? Mau bikin begini versi lebih banyak lagi. Ide-idenya bisa googling, sangat mudah, dari mulai  hiasan dinding berupa pattern-pattern, gambar gedung, sampai frame photo pun bisa pake tape ini.

DIY Origami Photo Frame
Tekor beli pigura mulu? Mungkin frame foto kertas ini solusinya. Frame foto ini bisa ditaro di atas meja, karena ada sanggahannya. Pas sekali untuk foto ukuran 4R. Gunakan kertas HVS berwarna solid gonjreng, bisa bikin meja biasamu jadi luar biasa.

DIY Circle Skirt
Sering liat kan rok-rok ngembang begini akhir-akhir ini? Banyak yang jual sih, harganya juga lumayan terjangkau. Tapi entah kenapa bikin sendiri pun tidak sulit dan tidak ada salahnya. Berhubung punya mesin jahit kecil portable, kenapa enggak jahit sendiri. Udah gitu kita bisa nentuin sendiri mau bahan apa, warna apa, motif apa, panjangnya segimana. Circle skirt sendiri yang gue tahu ada 3 macem: full circle skirt, half, ama yang 1/4. Klo full dia makin ngembang. Ini yang gue bikin yang half. Untung ngitung lingkaran yang harus lo potong, bisa googling rumusnya. Patokannya lingkar pinggang masing-masing. Gue sampai sekarang belum bisa nemu bahan elastis yang cocok buat bikin rok ini dan gue terlalu malas untuk menjahit resletting. Akhirnya gue pasangin karet aja untuk pinggangnya. Tutorialnya mudah dan jelas banget.

DIY Draw String Bag
Suka dapet kantong-kantong serut gratisan? Tapi gambarnya gak napsuin? hahahaha. Gampang kok, bisa bikin sendiri. Ini aja pake kain sisa bikin gorden. Ukurannya bebas, disesuaikan ama fungsinya. Bisa buat kasih ke orang juga sebagai bungkus hadiah. Nah yang ini gue bikinin buat cowo gue, awalnya mau buat kantong naro sepatu, tapi salah ngukur jadinya kekecilan. Akhirnya gue ubah fungsinya sebagai kantong buat naro kolor kalau lagi travelling. Sebagaimana yang gue lakukan pada kantong-kantong serut gratisan gue. Bisa ditambahkan dengan inisial nama supaya tidak tertukar dan lebih ucul aja liatnya.

Nah....apa yang bisa kita buat dari gantungan-gantungan baju buluk ini? Kita lihat kapan-kapan ;P

0 comments :

Post a Comment