Tuesday, August 6, 2019

Film Psychokinesis Review


Film Psychokinesis merupakan sebuah film asal Korea yang juga tayang di Netflix. Mengambil tema superhero, tapi yang jadi superheronya bukan anak muda melainkan bapak-bapak separuh baya. Film Psychokinesis ini adalah karya sutradara Yeon Sang Ho yang juga merupakan sutradara film populer Train to Busan. Pasti sudah pada nonton kan?

Jadi awal film Psychokinesis ini mengisahkan tentang sebuah kompleks toko-toko kecil, ada rumah makan, pasar, kelontong dengan sebuah agen konstruksi yang mau menggusur orang-orang di sana dan membangung pusat perbelanjaan. Rumi seorang gadis yang jualan ayam goreng di sana, tinggal hanya dengan ibunya setelah bapaknya pergi meninggalkan mereka saat kecil. Saat bentrok antara kubu warga dan penggusur, ibunya Rumi meninggal karena terjatuh saat ditarik paksa keluar dari mobil. Saat lagi di rumah duka, Rumi menelpon ayahnya (yang ternyata nomornya masih ada di handphone ibunya). Muncullah tokoh ayah Rumi, yakni Seok Heon, yang kerja sebagai satpam di salah satu kantor bank. Dia baru-baru aja dapat kekuatan gitu setelah minum air dari waterspring tempat jatuhnya meteor. Awalnya juga dia belum tahu kalau dia punya kekuatan untuk menggerakkan benda-benda dan lainnya. Pokoknya singkat kata nanti akan diperlihatkan bagaimana bapak Seok Heon menggunakan kekuatannya untuk melawan para penggusur dan perusahaan konstruksi tersebut.

Psychokinesis mau dibilang film action tapi kok setengah pertama filmnya kebanyakan dramanya. Yah separuh-separuh lah ya. Sebenarnya ceritanya gak begitu digali sih masing-masing pemerannya dan inti ceritanya yah hanya seputar para warga yang ngelawan orang-orang keamanaan dan tim yang disewa sama perusahaan konstruksi. Jadi jangan harap ada monster-monster atau alien yang akan dilawan sama pemeran utama di film ini. Lawan terbesarnya yah sama-sama manusia juga. Manusia-manusia dalam jumlah yang banyak dan punya kekuatan serta kekuasaan. Peran superhero jatuh pada mereka yang kaum kecil, kaum yang diceritakan gak punya kekuatan apa-apa untuk melawan selain badan mereka sendiri. 

Film ini mendapat nilai 89% dari Rotten Tomatoes dan skor IMDBnya hanya 5,9/10 (kecil bingit). Kalau kamu suka film superhero yang ada sisi dramanya, film Psyschokinesis ini layak banget untuk kamu tonton. Ada kisah-kisah mengharukan juga mengenai hubungan antara anak-bapak yang sempat renggang hingga kemudian membaik kembali. Film ini katanya juga masuk ke dalam 10 film Korea terbaik di tahun 2018 loh. Durasi film hanya 101 menit. Iya "hanya" sebab film-film superhero lain biasanya mempunyai durasi >2 jam. Apakah film ini akan ada sekuelnya lagi? Yuk nonton!

0 comments :

Post a Comment