Tuesday, August 2, 2011

Nonton Dipidi

My Name is Khan, udah ketinggalan bener deh gw baru nonton sekarang
yap
baru beli dvdnya
sempet dieremin di lemari selama beberapa hari karena gw pikir ini film drama banget
apalagi di depannya tulisannya kayak yang namanya Khan itu mencari cintanya
aahh gw males bener kalau drama plek2an
tapi, karena menurut banyak orang film ini layak tonton
ditambah lagi emang gak ada kerjaan di rumah
jadilah buka kotaknya
masukan cdnya
tekan tombolnya
putar filmnya

jah dibuka dengan video klip band The Produk Gagal
lewat
ternyata perkiraan gw meleset jauh
menit-menit awal aja nih film udah bikin gw ampir nangis
aktingnya Om Sharukh Khan meyakinkan banget sih
seperti penderita Sindrom Asperger beneran (ups keceplosan)
gw bukan mau jelasin tentang filmnya sih
kalau penasaran mendingan nonton sendiri aja dah
gw berharap banget manusia-manusia normal bisa sebaik Khan di film itu
banyak berbuat baik

wah hampir semua adegan di film ini dikemas secara tokcer
ngena semua
tapi ada beberapa yang gw suka banget, antara lain
waktu Khan mau ketemu presiden yang lagi mau ngadain seminar
untuk nonton seminar itu harus bayar 500 dolar sebagai sumbangan untuk penduduk Afrika yang kena bencana kelaparan
Khan nyerahin duitnya ke ibu2 yang jaga meja pendaftaran
tapi ternyata, yang boleh mendaftar hanya orang-orang Kristen, sementara Khan adalah seorang muslim
ibu2 pendaftaran pun bermaksud mengembalikan uang Khan, tapi alih-alih mengambilnya kembali, Khan malah menggeleng dan berkata
"Honey, honey, keep it for those who are not Christian in Africa. Honey, honey feed Africa."
dan akhirnya Khan pun beranjak pergi
ngasih duit 500 dolarnya tanpa ikut seminarnya

ada lagi, ini dia ngomongnya pake bahasa India, jadi gw cuma liat subtitle doang
"Sembahyang tidak tergantung tempat, tetapi keyakinanmu."
setuju! doa itu kan semacam lo berkomunikasi ama Tuhan, membina hubungan. secara gw percaya Tuhan gw itu ada di mana aja kapan aja di sisi gw, jadi yang namanya doa itu seharusnya bisa di mana saja.

dan siap-siap aja lo akan mewek sejadi-jadinya di adegan
Khan ceritain tentang Sameer di sebuah gereja di Georgia
pip
sedih bener
Khan-nya ampir nangis loh di sini, sudah berkaca-kaca
padahal penderita Asperger paling sulit mengungkapkan emosinya, sulit berekspresi, sulit mengungkapkan apa yang dia rasa
dan lagi ditutup dengan baik dengan lagu
"We shall overcome...we shall overcome...we shall overcome someday. Oh..deep in my heart... I do believe, we shall overcome someday."

film ini juga memberitahu pada kita, bagaimana orang muslim juga turut menjadi korban setelah kejadian 9/11 di Amerika
orang-orang yang sotoy, menganggap semua muslim adalah seperti teroris yang menghancurkan WTC itu, kemudian menyerang orang-orang muslim yang tinggal di Amerika
oleh karena itu gw sangat setuju dengan perkataan ibunya Khan
"Di dunia ini hanya ada 2 tipe manusia, manusia baik yang melakukan perbuatan baik dan manusia jahat yang melakukan perbuatan jahat. Hanya itu perbedaan yang ada."
(susah, cuma patokan ama subtitle, dia ngomongnya pake bahasa dewa dah)
yang ngancurin WTC itu mau dia agama Islam kek, Kristen kek, Hindu kek, kagak peduli
yang jelas mereka orang JAHAT. TOLOL.
Tuhan mana yang ngajarin orang berbuat jahat? Ajaran Tuhan itu selalu KASIH.

semuanya! wajib nonton film ini!

0 comments :

Post a Comment